ARTIKEL; KEGUNAAN BUBUK CACING TANAH UNTUK PERAWATAN MANUSIA

Oleh : Hisashi MIHARA, Hiroyuki SUMI, Hideaki MIZUMOTO, Tomoyuki YONETA, Ryuzo IKEDA dan Masugi MARUYAMA 
Universitas kedokteran Miyazaki Kiyotake, Miyazaki


Sebuah penelitian tentang cacing tanah yang digunakan sebagai obat dituliskan dalam buku Cina tertua, yaitu Shen Nong Ben Cao yang telah dipublikasikan antara abad pertama dan ketiga. Chang Xui Chenghe Cheng Lei Ben Cao diterbitkan pada 1229, menunjukkan bahwa cacing tanah sudah digunakan untuk pitam otak (stroke) sebelum buku itu benar-benar diterbitkan. Ini adalah hal yang sangat penting, paling tidak karena pada saat ini lebih dari 60% dari pitam otak melibatkan trombosis serebral (pembekuan darah di otak). ini sangat jelas berhubungan erat dengan laporan di atas. Namun, meskipun ini deskripsi kuno di buku medikal oriental, studi farmakologi rinci belum dilakukan kecuali pada lumbrofebrin sebagai antifebrile. Peneliti baru menemukan enzim fibrinolitik baru yang diperoleh dari cacing tanah, Lumbricus rubellus dan nama mereka secara kolektif diberi nama  enzim lumbrokinase.
Oleh karena itu peneliti berusaha untuk memanfaatkan cacing tanah ini sebagai agen trombolitik oral. Yang menjadi suatu masalah apakah protein fungsional dapat diserap ke dalam sirkulasi dari usus atau tidak. Namun, banyak penelitian yang menarik baru-baru ini penelitian menunjukan adanya penyerapan protein dari saluran usus yang diberikan secara oral melalui saluran usus ke dalam sirkulasi. Seperti yang ditunjukkan pada percobaan ini, memungkinkan bubuk cacing tanah diberikan secara oral dapat mencerna gumpalan fibrin intravaskular.
Oleh karena itu pemberian bubuk cacing tanah secara oral kepada sukarelawan menunjukkan hasil, pemberian bubuk cacing tanah secara oral mampu meningkatkan aktivitas fibrinolitik darah. Dari data yang diperoleh, bahwa peningkatan aktivitas fibrinolitik mungkin karena t-PA seperti penggerak, baik yang diangkut melintasi membran usus atau yang baru disintesis oleh sel endotel. Peningkatan FDP diamati setelah pemberian bubuk cacing setalah 24 jam juga menunjukkan bahwa fibrinolisis terjadi dalam tubuh. Tidak jelas apakah peningkatan FDP menunjukkan baik fibrinolisis atau fibrinogenolysis dalam percobaan ini. Namun, ketika tingkat D-D-dimer diukur dalam beberapa kasus setelah pemberian bubuk cacing tanah, peningkatan D-D-dimer diamati seperti itu untuk FDP (data tidak ditampilkan). Peningkatan yang diamati dari FDP sehingga akan muncul untuk menunjukkan bahwa fibrin intravascular dicerna dengan pemberian bubuk cacing tanah. Secara khusus, tingkat FDP yang sangat meningkat tajam pada hari berikutnya setelah dimulai pemberian bubuk cacing tanah, dan penurunan beberapa hari kemudian. Sangat menarik untuk dicatat bahwa kenaikan lebih tinggi dari FDP diamati pada sukarelawan tua daripada sukarelawan muda. Hal ini menunjukkan bahwa pembekuan fibrin biasanya hadir untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil di dasar vaskular orang sehat yang berusia lebih dari 30 tahun, dan biasanya dapat dicerna dengan pemberian bubuk cacing tanah.
Dalam satu kasus yang telah menerima bubuk cacing tanah selama 3 tahun sebelum percobaan ini, FDP tidak meningkat dan tingkat antigen t-PA sudah tinggi sebelum percobaan. Hal ini menyimpulkan bahwa tidak ada endapan fibrin yang hadir dalam kasus ini sebelum percobaan karena pemberian bubuk cacing tanah dalam jangka panjang. Salah satu temuan menarik lainnya diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa antigen t-PA meningkat setelah pemberian bubuk cacing tanah. Ini berarti bahwa pemberian tersebut dapat melepaskan endogen plasminogen activator. Pelepasan endogen plasminogen activator tampaknya sangat penting dalam pengobatan pasien dengan pembekuan darah. Ketika peneliti melakukan pengobatan pasien dengan pembekuan darah diotak dengan suntikan urokinase, kasus di mana nilai antigen t-PA meningkat setelah injeksi urokinase menunjukkan hasil yang positif, sedangkan kasus di mana tidak ada kenaikan nilai antigen t-PA telah diamati menunjukkan tidak ada efek. Para peneliti sekarang berusaha untuk mengekstrak sebagian kecil, yang mampu melepaskan endogen plasminogen activator, dari bubuk cacing tanah.
Streptokinase, urokinase dan tPA saat ini digunakan sebagai agen trombolitik. Streptokinase sangat efektif untuk pembekuan darah, tetapi menunjukkan antigenisitas pada manusia, dan karena itu tidak dapat dimanfaatkan berulang kali. Bahan fibrinolitik lain yang dikenal adalah urokinase diekstraksi dari urin manusia. Namun, karena hanya jumlah yang sangat kecil dari urokinase dapat diekstraksi dengan cara ini, urokinase sangat mahal. Di Jepang, penggunaan urokinase karena itu telah terbatas pada 50.000 unit internasional per orang per hari oleh pemerintah. Namun, jika lebih dari 200.000 unit urokinase dibutuhkan, tidak ada efek yang cukup dapat diharapkan. Baru-baru ini, rekombinasi t-PA telah digunakan untuk pembekuan darah. Namun, bahkan rekombinasi t-PA agak mahal untuk menghasilkan streptokinase, urokinase dan rekombinasi t-PA juga dapat diberikan dengan injeksi melalui pembuluh darah, sehingga terapi fibrinolitik dengan mereka perlu dilakukan di rumah sakit saja. Sebaliknya, bubuk cacing tanah dapat diberikan secara oral, yang sangat nyaman untuk digunakan pasien.
Untuk alasan ini, bubuk cacing tanah memiliki aplikasi potensial sebagai obat trombolitik seperti yang ditunjukkan dalam masalah ini, dan juga diberikannya efek penghambatan pada pengumpulan trombosit, efek antikoagulan dan efek relaksasi untuk sistem pembuluh darah, yang semuanya efektif untuk terapi trombosis. Oleh karena itu para peneliti menyimpulkan bahwa bubuk cacing tanah merupakan agen yang sangat menjanjikan untuk pengobatan pembekuan darah.

You Might Also Like

0 comments

Top Categories