CACING MENINGGALKAN MEDIANYA

Cacing yang digunakan untuk sistem kompos adalah cacing yang bisa beradaptasi dengan kondisi apapun dan beberapa spesies cacing yang lainnya memilih kondisi yang tertentu.
  1. Apakah kita tahu jenis cacing apa yang kita budidayakan? Ketika kita memesan cacing, pastikan untuk meminta nama ilmiah karena banyak cacing memiliki beberapa nama umum tergantung pada siapa kita bertanya. Cari tahu pasti dengan meminta nama ilmiah dan kemudian mencari kondisi khusus untuk spesies cacing yang mau kita budidayakan. Kalau kita sudah tahu jenis cacing apa yang kita budidayakan barulah kita mengontrol tingkat kelembaban, temperatur, dan pH khusus untuk cacing yang akan kita budidayakan.
  2. Gunakan lampu untuk menjaga mereka tetap berada di media hidupnya. Ketika cacing dikirim dalam perjalanan, otomatis cacing menjadi stres. Untuk menghindari stress setelah itu cacing meninggalkan media hidupnya dan  kadang juga mereka akan bertingkah aneh seperti tidak mau makan, tidak mau masuk kedalam medianya dll. Kondisi yang seperti ini mungkin saja terjadi, cara mengatasinya gampang, letakkan wadah pemeliharaan cacing dibawah penerangan lampu selama beberapa jam untuk memaksa cacing tidak keluar dari media hidupnya dan membiasakan cacing untuk menempati rumah baru mereka.

You Might Also Like

0 comments

Top Categories