BAU TIDAK SEDAP ; BUDIDAYA CACING TANAH

Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; 
  1. Wadah pemeliharaan penuh dengan sisa makanan yang sempat termakan oleh cacing. Oleh karena itu dalam pemberian pakan jangan terlalu banyak, karena sisa makan yang tersisa akan menyebabkan bau busuk. Untuk memperbaikinya, hancurkan setiap gumpalan makanan dan berhenti menambahkan makanan sampai cacing memiliki kesempatan untuk makan apa yang telah disediakan. Kita juga harus mencoba menutupi makanan baik dengan bahan plastik atau lembaran koran yang sudah dibasahi dengan air.
  2. Media hidup cacing harus diusahakan berongga atau longgar agar udara bisa masuk kedalam bersamaan dengan cacing. Aduk – aduk media dengan lembut agar media mendapatkan oksigen lebih banyak.  Yang menyebabkan media kita bau adalah ada bakteri anaerob yang bisa tumbuh tanpa adanya oksigen. Kita mungkin perlu mengulang untuk mengaduk – aduk media ketika mengecek media hidup cacing tanah terlalau padat atau tidak terlalu longgar.
  3. Media terlalu basah. Periksa lubang drainase yang telah kita buat, apakah lubang – lubang itu tersumbat atau tidak. Sebab jika lubang drainase tersumbat mengakibatkan kelembaban media meningkat sehingga berdampak penurun kadar oksigen di dalam media hidup cacing tanah. Mungkin ini disebabkan saat pemberian makan terlalu banyak mengandung air. Setiap kali kita memberikan makanan usahakan meletakkan kertas koran diatas makanan yang kita berikan. Tujuannya adalah untuk menyerap kelembaban yang berlebihan dalam makanan tersebut. Selain itu, hindari menambahkan air atau makanan dengan tingkat kelembaban tinggi untuk sementara waktu, seperti bubur buah – buahan yang mengandung kadar air tinggi atau menambahkan media yang baru dalam wadah pemeliharaan itu juga bisa membantu. Jika media hidup cacing tanah benar – benar dalam kondisi basah cacing bisa berada dalam keadaan bahaya tenggelam, untuk itu serap air sebanyak sebanyak mungkin hingga tingkat kelembaban media menurun.
  4. Media terlalu asam. Kondisi terlalu asam dapat menyebabkan bau. Uji media dengan pH meter (banyak tersedia ditoko – took pertanian). Kurangi jumlah makanan yang mengandung asam untuk diberikan kepada cacing. Coba tambahkan kulit telur ditumbuk halus untuk menurunkan pH. Usahakan menambahkan kulit telur sebulan sekali untuk menyeimbangkan pH. Produk yang aman lainnya yang dapat menetralkan asam media adalah debu batu dan kalsium karbonat. Kedua produk ini juga akan memberikan grit ke cacing. Beberapa orang lebih suka menggunakan kapur untuk menurunkan pH, tetapi harus diwaspadai pemberian kapur dapat menurunkan pH secara dramatis jika kita menggunakan terlalu banyak. Disisi lain kapur juga memberikan dampak yang buruk terhadap cacing.
  5. Beberapa makanan bisa menimbulkan bau. Hindari sayuran atau buah – buahan yang bisa memunculkan bau busuk seperti sawi, kubis, buah papaya dll.
  6. Memberikan makan yang salah. Produk daging, produk susu, dan makanan yang sangat berminyak sebaiknya tidak diberi kepada cacing. Cacing biasanya pergi meninggalkannya dan membiarkanya membusuk dan menyebabkan bau yang mengerikan.

You Might Also Like

0 comments

Top Categories