PROSPEK USAHA BUDIDAYA CACING TANAH

Kebanyakan orang bertanya, khususnya calon peternak yang mau terjun ke dunia budidaya cacing tanah, atau peternak yang sudah lama berkecimpung dalam budidaya cacing tanah kemudian akhirnya mereka gulung tikar atau tidak melanjutkan lagi budidayanya dikarenakan beberapa hal diantaranya; mau dikemanakan hasil panennya, bagaimana cara memasarkannya, bahkan ada yang beralasan antara modal yang dikeluarkan dengan hasil panenya tidak sebanding, cacing yang di budidayakan tidak banyak yang berminat dan masih banyak lagi alasan-alasan yang sering muncul dikalangan baik calon maupun pelaku budidaya cacing tanah itu sendiri.
Perlu ditekankan sekali lagi, sebelum terjun dalam budidaya cacing matangkan hati saat memulai usaha ini. Kalau hanya sekedar coba-coba membudidayakan cacing silahkan, asal jangan sekali-kali berangan-angan tinggi sebelum berhasil membudidayakan cacing tanah. Karena sering kita baca artikel di internet bahwa membudidayakan cacing sangatlah mudah dan hasilnya berlipat ganda, semisal kita membudidayakan cacing tanah 1 kg dalam 30-40 hari akan menghasilkan panen cacing tanah 3 sampai 4 kg. Itu semuanya adalah bohong, kecuali kita sudah berpengalaman, tahu bagaimana dan seperti apa pola hidup cacing tanah yang akan dibudidayakan.
Sebenarnya kalau kita berbicara bisnis, seberapa prospek kah peluang usaha budidaya cacing tanah itu? selain cacing sebagai umpan memancing apa saja manfaat cacing tanah itu? terus produk turunan dari budidaya cacing tanah itu apa saja? untuk jelasnya prospek usaha budidaya cacing tanah ini umumnya mengarah pada peternakan dan pertanian. Disektor peternakan; cacing tanah biasanya diolah untuk dijadikan pakan hobi burung berkicau, pakan belut, pakan sidat, pakan unggas, pakan ikan dll. Sedangkan disektor pertanian; kotoran cacing atau yang lebih dikenal dengan istilah kascing sangat cocok dijadikan pupuk organik segala tanaman, mulai tanaman hias di kebun maupun di pot, tanaman buah-buahan, sayur-mayur, palawija, padi dan lain sebagainya. Pupuk organik kascing dewasa ini merupakan pupuk terfavorit dikalangan para petani karena terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kualitas produksi tanaman, karena mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur kimia makro dan kimia mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Melihat prospek seperti ini usaha budidaya cacing tanah sebagai penghasil biomassa cacing tanah sangatlah menjanjikan untuk dijadikan peluang usaha.

You Might Also Like

0 comments

Top Categories